Imbauan Menkes Budi Gunadi Sadikin: Terapkan Prokes dan Vaksinasi Saat Libur Nataru 2023/2024

Hadi M Assegaf
0

"Memakai Masker"


Jakarta, 22 Desember 2023 - Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan imbauan kepada masyarakat yang berencana melakukan perjalanan agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Imbauan ini diberikan mengingat adanya peningkatan kasus COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir.

 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Jumat (22/12/2023), tercatat penambahan kasus konfirmasi harian sebanyak 402 orang, dengan jumlah kasus aktif mencapai 2.154 orang, 1.003 orang dinyatakan sembuh, dan 6 orang meninggal dunia.

 

Menkes Budi menekankan pentingnya penggunaan masker, terutama bagi mereka yang akan melakukan mudik dengan angkutan umum yang padat. "Kalau mau mudik keluar kota, terutama pakai angkutan umum yang padat, apalagi kalau kondisi lagi tidak enak badan, itu lebih baik kita pakai masker," ujarnya.

 

Selain menjalankan Prokes, Menkes Budi juga mengimbau masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19, baik dosis primer maupun booster, sebelum melakukan perjalanan. "Mumpung sekarang vaksinnya masih ada, cari saja di puskesmas-puskesmas, setidaknya itu bisa mengurangi keparahan dan mempercepat kesembuhan," tambahnya.

 

Meski terjadi peningkatan kasus harian, Menkes menegaskan bahwa secara keseluruhan situasi masih relatif aman. Ia berharap kondisi ini dapat terus terkendali agar tidak terjadi lonjakan kasus yang signifikan. "Saat ini, relatif aman, belum ada kenaikan yang cukup besar, yang kita lihat di negara tetangga kita terpantau relatif turun. Saya berharap mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama lagi, itu terjadi di kita," ungkap Menkes Budi.

 

Menyikapi kondisi ini, Menkes mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan selalu disiplin dalam menjalankan Prokes di mana pun berada. Jika mengalami gejala yang mengarah pada COVID-19, ia juga mendorong untuk segera melakukan tes antigen.

 

Berita ini disampaikan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui hotline Halo Kemenkes di nomor 1500-567, SMS ke 081281562620, atau melalui alamat email kontak@kemkes.go.id.

 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid



 

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)